Langsung ke konten utama

5 Situs Pendulang Uang bagi Para Freelancer

Photo by Manny Patoja on Unsplash
 

Gara-gara dapet duit dari rumah aja cuma sambil rebahan, orang-orang jadi pengen ikutan kerja freelance.

Kelihatannya memang gampang dan fleksibel, tetapi kenyataannya ... ya nggak begitu.

Seorang freelancer harus pintar-pintar buat portofolio, promosi keahliannya sana sini, dan mesti luwes menggaet para klien. Tidak semua freelancer bisa melakukan itu. Promosi keahlian yang paling sulit, karena harus bersaing dengan freelancer lain.

Untungnya, ada beberapa situs yang memudahkan para freelancer mencari klien dan mendulang banyak uang.


1. Fiverr

Fiverr.com merupakan salah satu situs freelance yang sistemnya membebaskan freelancer memasarkan keahliannya. Jadi, seperti marketplace yang menjual para skill freelancer. Pendaftarannya gratis dan mudah, lho!

Fiverr ini skala pemasarannya internasional gitu, deh. Buyernya dari berbagai mancanegara, keren ‘kan?

Kamu bebas menawarkan keahlian apa saja di situs ini. Dari mulai design, writing, digital marketing, programming, dan banyak lagi.

Harganya pun kamu sendiri yang tentukan. Tips bagi pemula, sebaiknya tetapkan dulu harga paling rendah. Jika levelmu sudah naik, baru kamu bisa menaikkan harganya.

Tertarik mencoba?


2. Upwork

Upwork.com memiliki sistem yang berbeda dengan Fiverr. Perbedaannya terletak pada cara menggaet klien. Di Fiverr kita bisa memasarkan keahlian dan bebas menentukan harga, sedangkan Upwork kita harus bersaing mendapatkan klien dengan freelancer lain.

Sederhananya, klien yang menawarkan pekerjaan dan kita bersaing dengan freelancer lain untuk mendapatkan pekerjaan dari klien tersebut.

Kamu harus pandai menawarkan diri dan keahlian pada klien. Tunjukkan apa yang istimewa dari keahlianmu supaya klien tertarik. Gunakan bahasa dan attitude yang sopan, ya!


3. Sribulancer


Sribulancer.com populer di kalangan freelancer Indonesia. Situs ini tergolong sangat lokal. Kamu bisa menemukan banyak pekerjaan freelance yang sesuai keahlianmu. Cara kerjanya mirip seperti Upwork.

Situs ini tersedia dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, pembayarannya pun bisa menggunakan USD atau IDR. Kamu hanya harus pintar memberikan profil dan portofolio yang baik agar klien suka dan melirik keahlianmu.

Mau coba gabung?


4. Freelancer Indonesia


Freelancer.co.id merupakan situs freelance versi Indonesia yang induknya dari Australia. Banyak proyek yang bisa dikerjakan di situs ini.

Detail pekerjaannya disebutkan di entri proyek. Kamu bisa melihat nama, deskripsi proyek, keahlian, deadline, jumlah orang yang melamar, dan upah dari proyek tersebut. Sebelum bergabung, pastikan kamu punya kartu kredit atau akun PayPal, ya. Situs ini membayar freelancer dari dua platform ini.


5. Projects


Projects.co.id menjadi salah satu situs yang lumayan dikenal oleh para freelancer. Cara kerjanya sama seperti Upwork dan Sribulancer, klien yang menawarkan pekerjaan dan kita bersaing untuk mendapatkannya. Kliennya tentu kebanyakan orang Indonesia, jadi kamu nggak perlu khawatir soal komunikasi bahasa Inggris ya!

Selain pekerjaan freelance, kamu juga bisa memasarkan produk-produk digital dan service keahlian pribadi. Jadi ada tiga cara untuk mendulang uang dari situs ini. Keren banget, kan?

Projects juga menawarkan program Affilate Referal, yang mana kita bisa mempromosikan orang lain mencoba Projects dengan URL yang telah disediakan. Kalau orang yang kita ajak melakukan transaksi, kita bakalan kebagian komisi sebanyak 10% - 20% dari harga transaksinya.

 

Nah, itu dia 5 situs pendulang uang bagi para freelancer. Tertarik untuk mencoba salah satunya?


Komentar